A Spot of Bother



Penulis: Mark Haddon
Penerbit: PT Serambi Ilmu Semesta
Penerjemah: Ferry Halim
Penyerasi: Sidik Nugraha
Cetakan I, April 2008

Ini  kisah sebuah keluaga modern masa kini. Cerita tentang problema keluarga yang jika dicermati dengan bijak adalah cerminan rumit dan kompleknya kehidupan. Hubungan antara suami, istri, orang tua, anak, serta masuknya “orang lain” kedalam sebuah keluarga.


George
Suami dan ayah yang menghadapi masa sulit saat memasuki masa pensiun. Seorang lelaki yang biasa bekerja dan kemudian harus berdian diri dirumah, berdaptasi dengan cara mengurus kebun, membaca novel, mendengar music jazz dan hal-hal remeh lainnya, masalah klasik lelaki saat mereka kehilangan power-nya sebagai penguasa keluarga. Suatu hari ia menemukan sebuah benjolan berupa segumpal daging berbentuk bulat telur di pinggulnya. George berpikir ia menderita kanker. Ia mulai depresi dan  mulai  berlaku aneh. George adalah tipe lelaki yang tidak begitu suka berbicara, baginya hal itu tidak mengubah apapun. Menurutnya “Rahasia kepuasan hati terletak pada pengabaian terhadap banyak hal secara menyeluruh.” (hal.14)

Jeann
Seorang Istri dan ibu yang kecewa terhadap diri, anak-anak dan apa yang  ia peroleh dari kehidupan berumah tangga. Perlakuan dingin suami yang kurang menaruh perhatian terhadap apapun yang ia lakukan, membuatnya merasa benar-benar diabaikan. Saat Jean memasuki puber kedua ia berselingkuh dengan mantan teman sekantor suaminya. Ia menjalin hubungan terlarang dengan David. Lelaki itu membuatnya merasa paling tahu tentang banyak hal, ia mau mendengarkan dan menaruh perhatian. Bagi Jean perselingkuhan tidak tampak terlalu mirip sebuah penghianatan. Saat George mulai pensiun tak sedikit pun terbersit dalam pikirannya bahwa suatu saat rahasianya akan terbongkar.

Katie
Putri sulung George dan Jean,  Katie gagal mempertahankan perkawinannya yang telah menghasilkan seorang putri, ia becerai dan sedang menjalin hubungan dengan Lelaki yang tidak disukai oleh kedua orang tuanya. Katie sendiri tidak yakin dengan perasaan cintanya terhadapa Ray, walaupun demikian ia membutuhkan penopang hidup demi anak dan status sosial. Ia hanya tahu bahwa putrinya membutuhkan figure seorang ayah dan ia merasa nyaman tinggal bersama Ray, di rumahnya yang besar dan nyaman. Menjelang hari pernikahan saat semua mulai sibuk mengurus segala keperluan pesta calon pengantin wanita ini mulai stress, Ia berpikir untuk membatalkan pernikahan mereka.

Jamie
Si bungsu yang menyukai sesame jenis. Jamie mencintai seorang lelaki bernama Tony, namun ia tidak siap mengundangnya ke rencana pernikahan Katie, Ia tidak siap jika keluarganya harus menghadapi kenyataan bahwa putra mereka satu-satunya ternyata seorang homoseksual. Jamie berusaha berkompromi, hingga ia memutuskan harus mengahiri hubungannya dengan Toni. Jamie merasa terkurung dengan pendapat dan norma –norma masyarakat yang menolak hubungan antar sesama yang menurut kebanyakan orang masih merupakan hal yang ganjil. Namun ia tidak bisa menipu diri sendiri.

Penuh detail dengan pikiran –pikiran setiap tokoh, cerita mengalir dari satu karakter ke karakter yang lain,  bergelut dengan problema yang mereka hadapi . Membawa pembaca  masuk ke dalam pikiran masing-masing tokoh. Mark berusaha menggambarkan suatu masalah dilihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Mark juga menampilkan humor-humor segar tentang kehidupan, ia juga menyelipkan berbagai referensi  buku, musik, perlengkapan kehidupan modern yang menjadi gaya hidup manusia masa kini. Yang mungkin dipilih berdasarkan selera penulis.

Mark Haddon mencoba menyampaikan bahwa dalam membina sebuah keluarga ada banyak kepala yang mempunyai beraneka problema yang harus dilihat dari sudut pandang masing-masing.  Tiap individu mempunyai masalah yang hanya bisa dipecahkan dari kacamata mereka sebagai pribadi yang komplek.

Seperti karya mark Haddon sebelumnya “The Curious incident of the Dog in the Night-Time”.buku ini kembali menyita perhatianku, dan memasukkan Mark Haddon kejajaran penulis yang buku-bukunya wajib untuk dimiliki. Selain menulis novel Ia juga telah menerbitkan beberapa kumpulan puisi.

Koleksi : Echy's Book

No comments :