Marcy's Problem at School



Judul Asli: Cat Ate My Jumpsuit
Judul Terjemahan: Marcy's Problem at School
Penulis: Paula Danziger
Penerjemah: Maria M.Lubis
Penyunting: Nadya
Penerbit: Matahati
Tebal: 178 hal

"Perkenalkan, namaku Marcy Lewis. Aku gemuk dan berjerawat. Canggung dan mudah gugup. Sekolahku mengerikan. Aku tahu teman-teman menertawakan di belakangku. Keadaan di rumah lebih buruk. Ayah menganggapku tidak berarti, dan seringkali bertengkar dengan ibu. Singkatnya: aku punya banyak masalah!"

Itulah kutipan sinopsis tentang buku ini, yang pertama terlintas dalam benakku adalah : ini buku abg dan Caca banget (putriku). Akhir-akhir ini aku memang banyak membaca buku-buku fantasi, cerita anak atau abg.

Semenjak Caca masuk SMP yang letaknya lumayan jauh dari rumah, aku berusaha keras untuk selalu membekalinya sebuah bacaan . Dan buku ini salah satunya. Yang lebih asyik lagi kami bisa mendiskusikannya baik di rumah maupun di mobil saat berangkat ke sekolah.

Ceritanya sederhana , persis seperti sinopsis di atas, Marcy mulai sedikit berubah saat seorang guru bahasa Inggris bernama Ms. Finney datang. Guru nyentrik yang kuyakini pasti akan disukai murid mana pun di dunia ini, dan berharap seandainya saja guru-guru sekarang  seperti Ms. Finney, bukan karena nyentriknya tapi cara pendekatan pada murid-muridnya yang membuatku iri. Selama ini image guru selalu identik dengan galak, gak gaul dan kaku.

Tapi seperti biasa, orang-orang  yang berani tampil beda selalu dimusuhi dan dianggap aneh. Kepala sekolah, guru –guru serta beberapa orang tua murid merasa terganggu dengan pola mengajar dan penampilan guru nyentrik ini, walau sebenarnya Ms. Finney membawa banyak sekali perubahan positif pada anak didiknya.

Maka konflik pun dimulai saat anak-anak berusaha memperjuangkan guru favorit mereka , sementara itu Marcy's yang berusia 13 tahun ini  harus berjuang menghadapi problema masa pubernya dan tentu saja ayahnya yang suka berteriak.

Paula Danziger menulis lebih dari 25 buah buku dan telah mengunjungi lebih dari 15 negara. Ia meninggal pada 8 July 2004. Tapi seperti kata  Pramoedya Ananta Toer " Menulis adalah bekerja untuk keabadian." Maka karya-karya Paula tentu akan terus hidup. Lebih banyak tentang Paula Danziger bisa dilihat disini.

Koleksi : Echy's Book

1 comment :

Anonymous said...

I'm extremely pleased to uncover this great site. I wanted to thank you for ones time for this particularly fantastic read!! I definitely enjoyed every little bit of it and I have you book marked to check out new things on your website.

Look into my website anti cellulite treatment