Sugar Group Companies

             
             Sugar Group Companies merupakan salah satu perusahaan yang memberi perhatian lebih terhadap pendidikan, Terbukti dari pengembangan Sekolah Sugar Group yang berkembang begitu pesat dengan standar dan fasilitas yang lebih dari kebanyakan sekolah. Tidak hanya kepada pelajar dari Taman Kanak –Kanak hingga Sekolah menengah, tetapi juga kepada Mahasiswa yang mengikuti program Scholarship dari Sugar Group Companies.
            
            Untuk melatih softskill para scholar, Management perusahaan mengadakan program internship (magang) yang dilakukan setiap libur semester genap. Pada tahun kedua penyelenggaraan program scholarship ini sudah dilakukan dua kali kegiatan magang yang tentunya bertempat di Perusahaan Sugar Group. Internship 2010 diikuti oleh seluruh scholar, baik angkatan pertama  (2008) maupun angkatan kedua(2009). Scholars angkatan kedua bertugas magang di Sekolah Sugar Group, sedangkan angkatan pertama ditempatkan di berbagai departemen di perusahaan, seperti Warehouse, Plantation, Medical dan sebagainya.

            Sugar Group Companies terdiri atas 4 pabrik yaitu 3 pabrik gula (PT. Gula Putih Mataram/GPM, PT. Sweet Indolampung/SIL, PT. Indolampung Perkasa/ILP) dan 1 pabrik ethanol (PT. Indolampung Distillery/ILD). Para peserta magang disebar di keempat pabrik tersebut, tapi karena penulis kebagian magang di Warehouse & Inventory PT. ILP, jadi cerita selanjutnya tentang…..
Warehouse PT.ILP

             Warehouse merupakan gudang penyimpanan berbagai macam barang untuk operasional perusahaan. Tugasnya adalah menjaga keamanan barang, mengatur penataan barang dalam penyimpanan, mengontrol stok barang dan melayani user/pengguna gudang. Ada 3 bagian warehouse di PT. ILP yaitu Warehouse Factory, Warehouse Workshop dan Warehouse Plantation. Warehouse  Factory , menyimpan barang2 pabrik seperti suku cadang mesin dan alat2 pabrik,Warehouse Workshop menyimpan Sparepart kendaraan untuk kebutuhan perbengkelan. Warehouse Plantation dibagi lagi menjadi Warehouse Fuel yang menyimpan bahan bakar dan Warehouse Pupuk yang menyimpan berbagai pupuk dan agrochemical lain. Setiap bagian warehouse dikepalai oleh seorang officer, merekalah yang membimbing dan mengawasi kami dibantu para karyawan untuk mengajari hal – hal yang berkaitan dengan kegiatan magang.

             Untuk scholar yang bertugas di Warehouse & Inventory, dibagi – bagi lagi kegiatannya di ketiga bagian warehouse tersebut. Terdapat 16 kegiatan yang ada di Warehouse dan kami merasakan setidaknya 3 dari 16 kegiatan tersebut selama 3 minggu magang, untuk masing – masing kegiatan selama 1 minggu. Terdapat segitiga managemen sebagai kegiatan utama di Warehouse, yaitu Receiving, Issuing dan Inventory. Receiving: menerima barang dari supplier, Issuing: melayani user saat pengambilan barang, inventory: pencatatan barang masuk dan keluar.  Secara garis besar, hal tersebutlah yang kami lakukan selama magang di warehouse. Tentunya tidak sesederhana itu, disetiap kegiatan, terdapat standar operasional masing – masing.

      Receiving

            Secara general, kegiatan yang dilakukan di bagian receiving adalah menerima barang yang dikirim oleh supplier, mencocokan antara surat jalan dengan surat purchasing order dari bagian purchasing perusahaan. Memeriksa secara fisik termasuk perhitungan, pengukuran dan penimbangan serta pengambilan sample. Apabila telah sesuai, maka diberikan cap received sebagai tanda barang diterima dan dapat dicek oleh user kemudian dialokasikan ke tempat penyimpanan. Sebelum dilakukan pemeriksaan dengan seksama oleh user, bagian receiving mengirimkan surat pemberitahuan barang datang ke user, setelah itu membuat berita acara pemeriksaan. Setelah tahap penerimaan dan pemeriksaan barang selesai, maka bagian receiving dapat menyerahkan barang yang telah memenuhi syarat terebut kepada bagian issuing untuk proses pengeluaran dan dapat dibuat Material Receiving Report (MRR).

       Issuing

            Sebelum user atau pengguna gudang mengambil barang yang ada di gudang, diperlukan sebuah dokumen yang dinamakan Material Requistion and Issuing Report (MRIS). Jadi tugas issuing adalah mengeluarkan barang sesuai MRIS yang diajukan oleu user lalu mencatat segala keperluan mengenai pengeluaran. Selain itu Issuing juga bertugas menyusun barang yang baru diterima oleh reveiving dan telah memenuhi syarat untuk kemudian dilengkapi syarat administrasi berikutnya seperti pemberian label stock dan identification dal lain – lain.

         Inventory

              Selama 3 Minggu berturut – turut saya mendapat bagian ini hanya berpindah tempat antar bagain warehouse. Tugas Utama Bagian Inventory adalah menghadap Komputer untuk mencatat segala sesuatu yang perlu dicatat. MRIS dan MRR adalah dokumen yang diinput setiap ada pengeluaran barang. Dari database transaksi ini, dapat dibuat Daily Issuing Report (DIR) dan Daily Receiving Report (DRR).  Selain DIR dan DRR, laporan harian lain adalah Daily Stock Posisi dan Laporan lain yang dibutuhkan oleh masing – masing warehouse. Rekapan data transaksi tersebut juga digunakan untuk cross check atas kebenaran kardek dengan stock label dan jumlah fisik.Untuk membantu pekerjaan, Sugar Group menggunakan software yang dinamakan System Inventory, yang dirancang dengan bahasa pemrograman procedural dengan Foxpro  sebagai data base management systemnya.

             Sangat banyak pelajaran yang harus kami serap dalam 3 minggu tersebut. Selain mendapatkan teori tentang kegiatan yang sedang dihadapi lalu mempraktekannya, pengalaman bekerja dan berinteraksi dengan para pegawai juga menjadi pelajaran dan pengalaman berharga bagi kami karena hal tersebut  tidak kami dapat di perkuliahan. Dalam pelaksanaan magang, kami juga diberikan 3 tahapan tugas, Tugas pertama adalah essay tentang deskripsi warehouse secara umum. Tugas kedua adalah essay tentang hubungan warehouse dengan program studi yang kami tempuh di kuliah, dan tugas ketiga adalah makalah tentang keseluruhan program internship.

              Banyak kesan – kesan dan pesan serta pengalaman yang kami dapat, tentunya ada kesan baik dan buruk. Apalagi ada salah satu scholar yang kemalingan di malam terahir nya di ILP, Sabar jay a buat yang ketimpa musibahnya.. hehe.. Yang terpenting tugas magang terselesaikan dan dapat diambil hikmah dan pelajarannya. Terimakasih pada Seluruh pegawai yang telah menemani dan membimbing kami selama magang. Sekian smoga bermanfaat, khusunya buat yang bakal kebagian magang di Warehouse tahun depan.

Sumber : http://gadjahgroup.wordpress.com/2010/08/10/internship-2010/

5 comments :

Anonymous said...

hha tulisan saya ini..
btw skarang alamat blog suda ganti, jadi ini link yg benar : http://sugargroupscholar.wordpress.com/2010/08/10/internship-2010/#more-280

Admin said...

dari admin oke oke deh... kalo mau kontak saya gampang ... saya juga Siswa Sugar Group Kelas 12 SMA... mampir ke invention saya ya di sini http://sangpeajar.com cuma sekedar saring ilmu thanks b4 :k9

Admin said...

Sory SANGPELAJAR.COM maksudnya :a2

Anonymous said...

terimakasih ya....

ryan mahendra said...

kak dateng ke blog ane dong. isinya tentang kumpulan projek invention SMA SG. blog itu juga jadi bahan invention ane. :)