Algoritma dan Flowchart


Pendahuluan

Beberapa langkah dalam prosen pembuatan suatu program atau software :

1.      Mendefinisikan masalah dan menganalisanya
Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasikan masalah antara lain tujuan dari pembuatan program, parameter-parameter yang digunakan, fasilitas apa saja yang akan disediakan oleh program. Kemudian menentukan metode atau algoritma apa yang akan diterapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan terakhir menentukan bahasa program  yang digunakan untuk pembuatan program.

2.      Merealisasikan dengan langkah-langkah berikut :

Start

                   Desain

                   Menulis Program

                   Test Kebenaran Program

                    Dokumen

                   Arsip
Secara umum, struktur suatu program terdiri dari beberapa bagian yaitu :

1.      Input
Bagian ini merupakan proses untuk memasukkan data ke komputer melalui device yang ada misalnya keyboard, mouse, scanner dll. Program melakukan proses membaca data yang akan diolah dari device tersebut.

2.      Output
Bagian ini merupakan proses untuk menampilkan data yang telah diolah, melaporkan hasil pegolahan data melalui device seperti monitor, printer dll. Program melakukan proses mencetak data ke device tersebut.

3.      Proses Pengolahan Data
Bagian ini merupakan proses mengolah data yang diinputkan dengan nenerapkan metode-metode, teknik-teknik, algoritma-algoritma yang ada. Proses ini menghasilkan data output yang akan dioutputkan kepada pengguna program.

4.      Penyimpanan Data
Bagian ini merupakan proses menyimpan data dalam memori atau device penyimpanan data seperti disket, harddisk, CD dll.

Berikut ini adalah blok diagram struktur dari suatu program secara umum.

Input - - - Proses Pengolahan Data - - - - Output
                                       I   I
                                  Memory 
Algoritma

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah atau problem.

Contoh : Buat algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap.

Algoritmanya :
1.      Bagi bilangan dengan bilangan 2
2.      Hitung sisa hasil bagi pada langkah 1.
3.      Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.


Flowchart

Flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut.

Berikut adalah beberapa simbol yang digunakan dalam menggambar suatu flowchart :

Dari contoh algoritma di atas tentang menentukan apakah suatu bilangan adalah bilangan ganjil atau bilangan genap, flowchart dari program adalah sebagai berikut :
       Start                              A   



             I                                                            I - - - - - - - - - - [ T ]- - - -
         Input Bilangan                      Apakah sisa= 0                         I
             I                                                           I    [ Y ]                            I
 Hitung Sisa bagi                              Cetak Genap                  Cetak Ganjil
antara bilangan                                         I - - - - -- - - - - - - - - -  - -I
     dengan 2                                          End [Selesai]
             I
            A

No comments :